eprintid: 39715 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/97/15 datestamp: 2016-08-15 03:39:55 lastmod: 2019-10-01 12:05:42 status_changed: 2016-08-15 03:39:55 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ummu Faizah Ah, Ummu Faizah Ah title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD N PERCOBAAN 3 PAKEM ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL UNY, SDN Percobaan 3 Pakem abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2014 merupakan salah satu program pendidikan yang terdapat dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Praktik Pengalaman Lapangan ini memberi kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang kependidikan. SD Negeri Percobaan 3 Pakem merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial pembelajaran di sekolah, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus 2014 sampai dengan 28 Agustus 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2014. Selain itu, terdapat ujian praktik mengajar yang dilaksanakan 2 kali yaitu tanggal 10 dan 12 September 2014. Praktik mengajar meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, mempelajari materi, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi, secara umum peserta dapat melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada khususnya.Pelaksanaan program PPL di SD Negeri Percobaan 3 Pakem berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ummu Faizah Ah, Ummu Faizah Ah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD N PERCOBAAN 3 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/39715/1/LAPORAN%20PPL_UMMU%20FAIZAH%20AH.pdf