eprintid: 39709 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/97/09 datestamp: 2016-08-15 03:23:54 lastmod: 2019-10-01 12:02:04 status_changed: 2016-08-15 03:23:54 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Lailia Rahmawati, Lailia Rahmawati title: KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMPN 3 TEMPEL PERIODE 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 ALAMAT: PONDOKREJO, TEMPEL, SLEMAN, YOGYAKARTA LAPORAN INDIVIDU ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Pelaksanaan PPL, Hasil abstract: Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Mata kuliah ini berbobot 3 sks. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu, mata kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk memahami semua hal yang berkaitan dengan sekolah atau lembaga sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh. Praktek Pengalaman Lapangan(PPL) di SMPN 3 Tempel dilaksanakan melalui beberapa mekanisme. Mekanisme tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu sebelum pelaksanaan, pelaksanaan, dan sesudah pelaksanaan. Sebelum pelaksanaan mahasiswa dituntut untuk observasi terlebih dahulu. Observasi yang dilakukan mencakup observasi pembelajaran di kelas dan peserta didik, kondisi sekolah/lembaga, dan observasi pembelajaran/pelatihan. Hasil observasi tersebut kemudian dijadikan dasar untuk membuat program kerja. Kemudian program kerja didiskusikan kepada guru pembimbing. Melalui diskusi dengan guru pembimbing maka ditentukan pula cara pelaksanaan PPL. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas VIII B dan VIIIC. Tahapan pelaksanaan PPL diantaranya persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL selama ini berjalan dengan lancar. Selanjutnya, makanisme sesudah pelaksanaan PPL adalah pembuatan laporan. Pembuatan laporan dibuat secara individu. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 3 Tempel ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Jawa yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan. date: 2014 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Lailia Rahmawati, Lailia Rahmawati (2014) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMPN 3 TEMPEL PERIODE 1 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 ALAMAT: PONDOKREJO, TEMPEL, SLEMAN, YOGYAKARTA LAPORAN INDIVIDU. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/39709/1/Lailia%20Rahmawati_11205241027_Pend.Bahasa%20Jawa.pdf