@phdthesis{UNY39690, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN, DURASI BELAJAR DAN NILAI PENJASORKES DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SMA N 1 PIYUNGAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKRTA}, author = {Syarif Hidayat}, year = {2016}, school = {Fakultas Ilmu Keolahragaan}, abstract = {SMA N 1 Piyugan Bantul memiliki prestasi akademik baik, untuk mencapainya diperlukan beberapa faktor antara lain: kecerdasan, durasi belajar dan nilai penjasorkes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan, durasi belajar dan nilai penjasorkes dengan prestasi akademik siswa kelas X di SMA N 1 Piyungan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi sebanyak 143 siswa, sampel sebanyak 60 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui kecerdasan, nilai penjasorkes dan prestasi akademik, serta angket (kuesioner) untuk mengetahui durasi belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda pada taraf signifikansi 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kecerdasan dengan prestasi akademik, rxy (0,018) {\ensuremath{<}} (0,254) rtabel(0,05)(59) maka Ha ditolak. (2) Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara durasi belajar dengan prestasi akademik, rxy (0,128) {\ensuremath{<}} (0,254) rtabel(0,05)(59) maka Ha ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara nilai penjasorkes dengan prestasi akademik, rxy (0,359) {\ensuremath{>}} (0,254) rtabel(0,05)(59) maka Ha diterima. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan, durasi belajar dan nilai penjasorkes dengan prestasi akademik Fhitung sebesar 2,839 {\ensuremath{>}} 1,53 Ftabel(0,5)(59) maka Ha diterima. Besarnya sumbangan efektif keseluruhan variabel (kecerdasan, durasi belajar, nilai penjasorkes) adalah 13,20\%.}, keywords = {kecerdasan, durasi belajar, nilai penjasorkes, prestasi akademik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39690/} }