TY  - RPRT
A1  - Arifin, Arifin
TI  - LAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI :
SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN
Jalan Mer api Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman
D. I. Yogyakarta
02 Juli ? 17 September 2014
M1  - project_report
UR  - http://eprints.uny.ac.id/39580/
Y1  - 2014///
PB  - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta
ID  - UNY39580
N2  - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester
khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Cangkringan telah dilaksanakan
oleh mahasiswa pada tanggal 01 Juli ? 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi
ini terdiri dari 15 mahasiswa dari 6 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah,
Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan PKnH,
Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Kimia. Kelompok PPL SMA Negeri 1
Cangkringan yang awalnya beranggotakan 15 mahasiswa, akan tetapi ada satu orang
yang tidak menjalankan PPL.
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar
memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan
kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai
tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan
ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek
mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di
sekolah.
Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan
pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Cangkringan. Observasi tersebut meliputi
observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, kondisi dan potensi peserta didik,
fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor
penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
berlangsung. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 11 Agustus 2014 sampai dengan
15 September 2014, dilakukan sebanyak 13 kali pertemuan di kelas X MIA 1, MIA
2, IIS 1, dan IIS 2.
Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya
bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek
mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar
mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari
dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan
kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang
dimilikinya.
Terdapat hambatan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurangnya
penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami
kesulitan dalam mengontrol pesertadidik terutama saat mengkondisikan kelas dan
menerangkan materi, ada sebagian pesertadidik yang tidak memperhatikan. Ketika
diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan terhadap materi,
hanya sedikit pesertadidik yang merespon. Praktikan menyadari bahwa munculnya
hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini
merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.
AV  - public
ER  -