TY - RPRT A1 - Arifin, Arifin TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI : SMA NEGERI 1 CANGKRINGAN Jalan Mer api Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman D. I. Yogyakarta 02 Juli ? 17 September 2014 M1 - project_report UR - http://eprints.uny.ac.id/39580/ Y1 - 2014/// PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ID - UNY39580 N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Cangkringan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 01 Juli ? 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 15 mahasiswa dari 6 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan PKnH, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Kimia. Kelompok PPL SMA Negeri 1 Cangkringan yang awalnya beranggotakan 15 mahasiswa, akan tetapi ada satu orang yang tidak menjalankan PPL. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Cangkringan. Observasi tersebut meliputi observasi terhadap pembelajaran di dalam kelas, kondisi dan potensi peserta didik, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 11 Agustus 2014 sampai dengan 15 September 2014, dilakukan sebanyak 13 kali pertemuan di kelas X MIA 1, MIA 2, IIS 1, dan IIS 2. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Terdapat hambatan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurangnya penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol pesertadidik terutama saat mengkondisikan kelas dan menerangkan materi, ada sebagian pesertadidik yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan terhadap materi, hanya sedikit pesertadidik yang merespon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL. AV - public ER -