TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/39560/ ID - UNY39560 TI - Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Arso Kabupaten Keerom Provinsi Papua A1 - Asaribab, Frans KW - manajemen berbasis sekolah PB - UNY Y1 - 2011/11/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen berbasis sekolah yang difokuskan pada keterlaksanaan fungsi-fungsi yang didesentralisasikan ke sekolah yang meliputi: (1) keterlaksanaan pengelolaan komponen input, (2) keterlaksanaan pengelolaan komponen proses belajar mengajar, dan (3) keterlaksanaan komponen output pada SMP Negeri 1 Arso Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Arso Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Informasi dan data bersumber dari kepala sekolah, wakil kepalah sekolah, kepala urusan kurikulum, kepala urusan kesiswaan, kepala urusan sarana prasarana, kepala urusan hubungan masyarakat, kepala tata usaha, guru, kepala tata usaha, ketua komite sekolah dan orangtua siswa yang dapat memberikan informasi dan data yang relevan dengan fokus penelitian. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi metode, dan sumber. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian tentang implementasi manajemen berbasis sekolah yang difokuskan pada fungsi-fungsi yang didesentralisasikan ke SMP Negeri 1 Arso Kabupaten Keerom menunjukkan sebagai berikut. (1) Keterlaksanaan komponen context, input, process, output dinyatakan terlaksana dengan baik, serta lingkungan masyarakat memberikan dukungan terhadap peningkatan mutu pendidikan. (2) Komponen input sekolah memiliki sumberdaya yang dapat meningkatkan sumberdaya manusia yang tangguh dalam mengelolah fungsi-fungsi yang didesentralisasikan di SMP Negeri 1 Arso. (3) Komponen process terlaksana dengan baik dalam struktur organisasi dengan uraian tugas yang jelas, memiliki kepala sekolah yang tangguh, profesional, disiplin, berkepribadian baik dan sekolah memiliki visi,misi yang jelas dipahami oleh warga sekolah serta sekolah memiliki KTSP yang lengkap, programprogram mandiri yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa seperti program Home teaching service dan program door to door service. (4) Komponen output terlaksana dengan baik di SMP Negeri 1 Arso dengan prestasi nilai tertinggi tiga tahun terakhir > 7,00 pada level lima, dan prestasi lombah akademik dan non akademik memberikan kenyataan komitmen yang kuat serta kemandrian sekolah yang tinggi dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi yang didesentralisasikan di SMP Negeri 1 Arso Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. AV - public M1 - tesis ER -