TY - THES UR - http://library.fis.uny.ac.id N2 - Penelitian ini dilatar belakangi pengembangan komik sebagai sumber belajar IPS belum banyak dilakukan oleh sebagian besar guru mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan komik sebagai sumber belajar IPS materi tenaga endogen untuk siswa SMP kelas VII. 2) mengetahui kelayakan komik sebagai sumber belajar IPS materi tenaga endogen untuk siswa SMP kelas VII berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi untuk ahli media, ahli materi, dan guru IPS serta angket tanggapan siswa. Komik sebagai sumber belajar IPS materi tenaga endogen untuk siswa SMP kelas VII dianggap layak untuk digunakan apabila validasi ahli materi, ahli media, guru IPS dan uji coba kepada siswa memperoleh kategori rerata skor minimum ?baik?. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penelitian ini menghasilkan komik sebagai sumber belajar IPS materi tenaga endogen untuk siswa SMP kelas VII. Tahap-tahap yang dilakukan untuk mengembangkan komik sebagai sumber belajar yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, serta validasi dan uji coba. 2) Komik sebagai sumber belajar IPS materi tenaga endogen untuk siswa SMP kelas VII layak digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil validasi ahli materi dengan skor 3,7 atau kategori Baik; validasi ahli media dengan skor 3,8 atau kategori Baik; validasi oleh Guru IPS dengan skor 4,1 atau kategori Baik; dan pada uji coba siswa dengan skor 4,2 atau kategori Baik. Kata kunci: Sumber Belajar, Komik, IPS M1 - skripsi A1 - hutama, cahya yanuar TI - pengembangan komik sebagai sumber belajar ips materi tenaga endogen untuk siswa smp kelas VII PB - FIS AV - public Y1 - 2016/// ID - UNY39438 ER -