@phdthesis{UNY39436, title = {PENGARUH KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SMP NEGERI 1 TURI TAHUN AJARAN 2015/2016}, author = {Ajeng Ngesty Pujawati}, year = {2016}, school = {FIS}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS; (2) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS; dan (3) Pengaruh ketersediaan sumber belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2016. Objek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Turi dengan populasi sejumlah 384 siswa dan diambil sampel sejumlah 183 siswa dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Angket diujicobakan menggunakan uji validitas instrumen dengan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan ketersediaan sumber belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Turi tahun ajaran 2015/2016 dengan nilai koefisien ketersediaan sumber belajar yang tinggi dan jika ketersediaan sumber belajar yang cukup dan lengkap dapat mempengaruhi nilai hasil belajar IPS siswa menjadi lebih tinggi; (2) Ada pengaruh positif dan signifikan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Turi tahun ajaran 2015/2016 dengan nilai koefisien gaya belajar yang tinggi dan jika siswa mampu memahami dan menggunakan jenis gaya belajarnya dapat mempengaruhi hasil belajar IPS siswa menjadi lebih tinggi; dan (3) Ada pengaruh positif dan signifikan ketersediaan sumber belajar dan gaya belajar siwa terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri 1 Turi tahun ajaran 2015/2016 dengan nilai koefisien ketersediaan sumber belajar dan gaya belajar yang tinggi serta jika ketersediaan sumber belajar yang cukup dan lengkap dan siswa mampu memahami dan menggunakan jenis gaya belajarnya secara bersama-sama akan mempengaruhi hasil belajar IPS siswa menjadi lebih tinggi. Kata kunci: Ketersediaan Sumber Belajar, Gaya Belajar Siswa, Hasil Belajar IPS, SMP Negeri 1 Turi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39436/} }