%I UNY %D 2011 %T Efektifitas Perencanaan Strategis Sekolah Dasar SSN Dan RSBI di Kota Yogyakarta %L UNY39403 %K efektifitas, perencanaan strategis %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas renstra dan pencapaian pelaksanaan program renstra, visi, dan misi sekolah di SD SN dan RSBI kota Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program renstra tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, data dikumpulkan dengan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi yang dilakukan di 4 sekolah SD SN dan 1 SD RSBI, subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan wali murid. Penelitian ini menggunakan alat analisis kualitatif dengan menggunakan keabsahan triangulasi sumber. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; Secara umum pelaksanaan renstra di Sekolah Dasar SN dan RSBI di Kota Yogyakarta sudah efektif. Rata-rata sudah 80% program-program yang telah disusun dalam renstra sekolah telah terlaksana. Adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan renstra tersebut adalah sebagai berikut: faktor pendukung antara lain; renstra disusun secara sistematis, adanya komitmen warga sekolah untuk maju bersama, adanya input siswa yang berkualitas, adanya motivasi dari warga sekolah untuk menjadi sekolah terbaik, dan adanya komunikasi efektif antar warga sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan program renstra antara lain; komite sekolah terlalu tinggi memberikan target pencapaian renstra, adanya kesalahpahaman wali murid tentang sekolah gratis, adanya kritik tanpa solusi dari wali murid dan LSM. %A Kustriyanto Kustriyanto