%0 Report %9 Project Report %A Fitryanto, Fitryanto %D 2014 %F UNY:39299 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Elemen Mesin, SMK PIRI 1 Yogyakarta %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/39299/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensinya. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 2 Juli dan berakhir tanggal 17 September 2014 yang bertempat di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Alamat sekolah terletak di Jalan Kemuning, No. 14, Baciro, Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, adalah Elemen Mesin dan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais. Teori Elemen Mesin diampukan ke Kelas X TP 1, frekuensi tatap muka satu kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya 2 jam pelajaran. Teknik Pemesinan Bubut dan Frais merupakan mata pelajaran praktik, frekuensi tatap muka dua kali dalam satu minggu, dimana alokasi waktunya 10 jam pelajaran. Mata Diklat Elemen Mesin dijadwalkan pada hari Selasa, sedangkan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais hari Rabu kelas XI TP 1 dan Kamis kelas XI TP 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang.