@techreport{UNY39254, type = {Project Report}, year = {2014}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {laporan ppl}, author = {Tito Ristiadi Tito Ristiadi}, title = {LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 KLATEN}, keywords = {PPL dan mengajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39254/}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang saling bersinergi dan saling mendukung satu dengan yang lain dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang baik. Penyelenggaraan PPL memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman belajar sebagai bentuk realisasi dari wawasan yang diperoleh di Universitas sekaligus sebagai media untuk melatih mengembangkan kompetensi yang harus dikuasai, meningkatkan ketrampilan dan kemandirian mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan PPL secara umum meliputi tiga tahapan yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan persiapan meliputi tahap observasi lapangan, pengajaran mikro, dan pembuatan perangkat pembelajaran. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Program PPL dilaksanakan guna meningkatkan wawasan mahasiswa karena secara langsung terjun ke lapangan kerja. Dengan demikian, mahasiswa memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah. Program PPL ini juga berguna untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam berinteraksi dengan siswa di kelas. Ketrampilan itu dapat berupa ketrampilan berbicara, ketrampilan menyampaikan materi kepada siswa, kemampuan melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran, kemampuan membuat media pembelajaran, serta kemampuan dalam penyusunan administrasi guru dan kelengkapan mengajar. Selain itu PPL ini juga berguna untuk melatih ketenangan diri dan mengendalikan emosi mahasisw sebagai calon guru dalam mengajar dan menghadapi perilaku siswa di kelas yang bervariasi serta dalam menghadapi tekanan pekerjaan.} }