%I Fakultas Ekonomi %D 2016 %T PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HONDA UTAMA MOTOR YOGYAKARTA %K tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, kepuasan konsumen %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh service quality yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara parsial terhadap kepuasan konsumen Honda Utama Motor (2) Pengaruh service quality yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara simultan terhadap kepuasan konsumen Honda Utama Motor. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif atau hubungan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Honda Utama Motor Yogyakarta yang sudah pernah merasakan pelayanan di Honda Utama Motor Yogyakarta minimal 2 kali. Sampel sebanyak 170 responden ditentukan dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Tangible berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai t hitung sebesar 2,182 > t tabel 1,974 dan tingkat signifikansi 0,31 < 0,05. (2) Reliability berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai t hitung sebesar 7,076 > t tabel 1,974 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Responsiveness berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai t hitung sebesar 2,998 > t tabel 1,974 dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05. (4) Assurance berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai t hitung sebesar 2,360 > t tabel 1,974 dengan tingkat signifikansi 0,019 < 0,05. (5) Empathy berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai t hitung sebesar 2,085 > t tabel 1,974 dengan tingkat signifikansi 0,039 < 0,05. Tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai F hitung sebesar 25,146 > F tabel 2,65 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh Tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara simultan terhadap kepuasan konsumen 41,7%, dengan persamaan regresi %A Muhammad Fakhri Nugroho %L UNY39195