%0 Thesis %9 S2 %A Norlela, Norlela %B Program Pascasarjana %D 2016 %F UNY:39184 %I UNY %K scientific inquiry, masa mengajar , latar belakang pendidikan %T Aktualisasi Scientific Inquiry dalam Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Se Kabupaten Pelalawan ditinjau dari Masa Mengajar dan Latar Belakang Pendidikan %U http://eprints.uny.ac.id/39184/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) aktualisasi scientific inquiry pada pelajaran biologi di SMA Negeri se Kebupaten Pelalawan, (2) pengaruh masa mengajar dan latar belakang pendidikan guru terhadap aktualisasi scientific inquiry dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri se Kabupaten Pelalawan, dan (3) faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan guru biologi dalam menerapkan aktualisasi scientific inquiry di SMA Negeri se Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian adalah penelitian survei. Populasi penelitian adalah guru biologi di SMAN se Kabupaten Pelalawan dengan jumlah sampel 14 orang guru (Purposive Sampling). Teknik pengambilan data mengunakan teknik inventori dan teknik observasi dengan mengunakan lembar isian dan lembar observasi. Lembar isian digunakan untuk mendapatkan data masa mengajar dan latar belakang pendidikan guru. Lembar Observasi untuk melihat aktualisasi scientific inquiry oleh guru biologi dalam proses pembelajaran. Teknik analisa data mengunakan deskriftif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktualisasi scientifik inquiry berkatagori sedang dengan rata-rata sekor rata-rata 88,79 dengan simpangan baku 28.198, (2) masa mengajar guru yang berpengalaman, lebih baik dalam mengaktualisasi scientific inquiry, dan (3) latar belakang pendidikan menunjukan ketidaksesuaian dalam mengaktualisasikan scientific inquiry pada proses pembelajaran biologi di SMA Negeri se Kabupaten Pelalawan.