eprintid: 39147 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/91/47 datestamp: 2016-08-08 07:31:08 lastmod: 2019-10-01 12:05:11 status_changed: 2016-08-08 07:31:08 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Siti Kaswati, Siti Kaswati title: LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Program PPL, Komunikasi, Kerjasama abstract: Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi PPL UNY adalah untuk menjadikan mahasiswa sebagai tenaga pendidik yang profesional berwawasan global. Kegiatan PPL mahasiswa dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok, Jl.Babarsari, Depok, Sleman dimulai tanggal 2 Juli 2014 dan diakhiri pada tanggal 17 September 2014. Program yang dilaksanakan dalam PPL ini meliputi pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar, pengadaan DVD pembelajaran biologi, inventarisasi laboraturium biologi dan bimbingan serta pendampingan olimpiade biologi tingkat Nasional. Pada saat melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa diberikan kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar di kelas XI MIA 1 dengan 4 jam pelajaran setiap minggunya. Kegiatan mengajar ini memberikan mahasiswa berupa pengalaman nyata untuk lebih mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang profesional. Mahasiswa menjadi paham bagaimana cara mengajar dengan pengelolaan kelas yang karakteristiknya berbeda, pengalaman membuat perangkat pembelajaran, pengalaman pelaksanaan evaluasi, pengalaman melakukan pengajaran dengan guru ataupun mahasiswa PPL dan PPG Biologi secara bersamaan (team teaching). serta pengalaman menjalin komunikasi dengan bapak/ ibu guru serta karyawan sekolah. Dalam pelaksanaan PPL tentu ada berbagai kendala, akan tetapi hal tersebut masih bisa diatasi dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yaitu sarana dan prasarana mengajar agar KBM berjalan lancar. Perlu adanya pemaksimalan komunikasi antara PP PPL-KKL LPPMP dengan sekolah dan mahasiswa agar keberlangsungan program PPL dapat terlaksana tanpa adanya miskomunikasi. Keberlangsungan pelaksanaan kegiatan PPL tidak lepas dari adanya kerjasama, baik dari LPPMP, DPL, mahasiswa, guru dan karyawan serta peserta didik SMA N 1 Depok. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Siti Kaswati, Siti Kaswati (2014) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/39147/1/1.%20COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/39147/2/2.%20PENGESAHAN%2C%20KATA%20PENGANTAR%2CDAFTAR%20ISI%2C%20DAF%20LAMP%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/39147/3/3.%20BAB%20I%20II%20III%20LAPORAN%20PPL.pdf