@techreport{UNY39124, year = {2014}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Nafidah Sani Nafidah Sani}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNY 2014 LOKASI SMP N 3 KALASAN}, journal = {laporan ppl}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39124/}, abstract = {Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Selama pelaksanaan PPL ini, mahasiswa memperoleh kesempatan yang sebesar- besarnya untuk memupuk pengalaman tentang proses pembelajaran, menimba pengalaman tentang bagaimana cara bekerja dan berfikir secara interdisipliner, dan tentunya memperoleh pengalaman untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah. Hal- hal yang dapat diperoleh dari kegiatan PPL seperti tersebut diatas tidak dapat dilepaskan dari tujuan PPL itu sendiri dimana tujuan kegiatan PPL disini adalah untuk memberikan bekal nyata bagi calon tenaga pendidik mengenai proses pembelajaran di sekolah sehingga tercipta calon tenaga pendidik yang memiliki kompetensi guru yang mantap. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta langsung di sekolah selama 2,5 bulan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 september 2014. Selama kegiatan PPL, mahasiswa praktian turun langsung untuk mengajar di dalam kelas. Delapan kali pertemuan adalah target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMP Negeri 3 Kalasan. Di sekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk mengampu lima kelas VII A, VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Metode diskusi informasi, diskusi kelompok, ceramah berariasi, dan presentasi merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menginginkan jalannya pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center). Power point, gambar, model,video, serta LKS merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL., namun hal tersebut bukan penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini dapat memperoleh pengalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dalam kegiatan yang terkait dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerjasama, kerjakeras dan disipiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, terselesaikan kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon pendidik yang profesional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.} }