@phdthesis{UNY39115, month = {July}, author = {Nani Mardiani}, title = {Pengembangan Physics Interactive Learning Media Berbantuan Android Untuk Mereduksi Miskonsepsi dan Meningkatkan Attitude Towards Physics Peserta Didik Kelas X SMA}, school = {UNY}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39115/}, keywords = {pengembangan media pembelajaran, android, fisika, miskonsepsi, attitude towards physics, suhu dan kalor}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menghasilkan Physics Interactive Learning Media berbantuan Android yang sesuai dengan tahapan penelitian; (2) kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan; serta (3) reduksi miskonsepsi dan peningkatan attitude towards physics peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbantuan android yang dikembangkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbantuan android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg \& Gall. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk, evaluasi produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi fisika, satu ahli media pembelajaran, lima guru fisika, dan lima peer reviewer. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas X MIA SMAN 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas media, tes diagnostik miskonsepsi suhu dan kalor, dan angket attitude towards physics. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Software media pembelajaran fisika berbantuan android yang mendukung pembelajaran fisika SMA pada materi suhu dan kalor, dapat digunakan di dalam maupun di luar pembelajaran fisika di sekolah, serta menyajikan penjelasan materi, contoh soal, dan latihan soal yang bervariasi, menarik, dan interaktif. (2) Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi fisika, ahli media, peer reviewer, dan guru fisika dan memiliki kualitas baik berdasarkan penilaian peserta didik. (3) Terdapat perbedaan reduksi miskonsepsi dan peningkatan attitude towards physics peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbantuan android dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbantuan android.} }