TY - THES PB - FMIPA A1 - Alvionita, Alvionita N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS IPA berbasis pembelajaran kooperatif STAD yang memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar menurut dosen ahli, teman sejawat, dan guru IPA, serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah menggunakan LKS IPA berbasis pembelajaran kooperatif STAD. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Model penelitian ini terdiri dari 4 tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Define, meliputi analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran; 2) Design, meliputi penyusunan tes acuan patokan, pemilihan media yang sesuai tujuan, dan pemilihan format; 3) Develop, meliputi validasi LKS oleh dosen ahli, teman sejawat, dan guru IPA. Produk hasil validasi kemudian digunakan untuk uji lapangan dan uji keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran IPA. 4) Disseminate, yaitu penyebaran produk akhir secara terbatas di SMP Negeri 2 Pleret yang diserahkan untuk 3 guru IPA dan untuk perpustakaan, serta di SMP Negeri 1 Pleret yang diserahkan untuk 2 guru IPA. Data validasi dosen ahli, teman sejawat, dan guru IPA diperoleh melalui lembar validasi, sedangkan data keterampilan proses sains diperoleh melalui lembar observasi, penilaian LKS dan laporan hasil kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kelayakan LKS berdasarkan skor dan masukan dari validator dan gain score peningkatan keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dosen ahli, teman sejawat, dan guru IPA, kelayakan LKS hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik. LKS hasil pengembangan juga mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa dengan kategori sedang. Kata kunci: keterampilan proses sains, kooperatif STAD, LKS IPA, pengembangan Y1 - 2016/07/25/ UR - http://eprints.uny.ac.id/39080/ AV - public TI - PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP DI PLERET BANTUL M1 - skripsi ID - UNY39080 ER -