TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD IPA berbasis Multiple Intelligences yang layak, dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains, serta respon peserta didik setelah menggunakan LKPD pengembangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model 4-D dari Thiagarajan. Model penelitian ini terdiri dari 4 tahap penelitian dan pengembangan, yaitu: 1) Define, 2) Design 3) Develop,4) Disseminate. Penelitian ini melibatkan 2 dosen ahli, 2 guru IPA, serta 33 siswa untuk menilai kelayakan LKPD pengembangan ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD IPA, lembar uji keterbacaan LKPD, lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran, serta angket respon peserta didik terhadap LKPD. Analisis yang digunakan yaitu berupa analisis deskriptif untuk kelayakan LKPD IPA, peningkatan keterampilan proses sains yaitu dengan perhitungan rata-rata capaian keterampilan proses tiap pertemuan, respon peserta didik terhadap LKPD berdasarkan saran dan skor penilaian angket respon. Hasil penelitian adalah sebuah LKPD IPA berbasis Multiple Intelligences pada tema ?Cahaya dan Penglihatanku? yang layak dengan kategori sangat baik. LKPD ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan kategori peningkatan dari cukup menjadi baik. Selain itu, peserta didik juga memberikan respon positif terhadap pengembangan LKPD ini. Kata kunci : Keterampilan proses sains, LKPD IPA, Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk). Y1 - 2016/07/14/ PB - FMIPA A1 - Nurbaiti, Roisah TI - PENGEMBANGAN LKPD IPA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA TEMA ?CAHAYA DAN PENGLIHATANKU? UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP KELAS VIII M1 - skripsi AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/39078/ ID - UNY39078 ER -