TY - UNPB AV - public A1 - Maryance, Vitrianingsih TI - PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 1 SMA N I PAKEM SLEMAN YOGYAKAItTA TAHLTN AJARAN 2005/2006 PB - UNY Y1 - 2010/09/03/ ID - UNY3907 UR - http://eprints.uny.ac.id/3907/ M1 - skripsi N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi dan motivasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan penilaian portofolio dengan siswa yang mengihvti pembelajaran tanna mengguriakan penilaian portofolio dengan variabel pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7i semester i SMA N I Pakem Yogyakarta sebanyak 152 siswa dan terbagi dalain 4 kelas_ Sampel penelitian sebanyak 76 siswa diambil secara cluster random .sampling dalam dua kelas. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen (At) dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (AZ). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor,, dua sampel dan satu kovariabel. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu sampe. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan pada prestasi belaj'ar kimia (p < 0,01) dan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia (p < 0,05) antara siswa yang meagikuti pembelajaran menggunakan penilaian portofolio dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan penilaian portofolio. Rerata nilai prestasi belajar kimia kelas eksperimen adalah 7,016 dan rerata nilai prestasi kelas kontrol adalah 5,676. Sedangkan rerata skor motivasi belaj'ar kimia kelas eksperimen adalah 125,895 dan rerata skor motivasi kelas kontrol adalah 113,184. Dengan demikian, pembelajaran dengan penilaian portofolio lebih efektif dalam meniagkatkan prestasi dan motivasi belaj'ar kimia siswa pada materi pokok Sistem Periodik Unsur, Struktur Atom dan Ikatan Kimia pada kelas X semester 1 SMA N I Pakem Steman Yogyakarta. Adapun sumbangan efektif pengetahuan awal kimia terhadap prestasi dan motivasi belaj'ar kimia masing-masing sebesar 3,1 °?o dan 0,2%. ER -