%0 Thesis %9 S2 %A Asaddudin, Ibnu %B Program Pascasarjana %D 2011 %F UNY:39058 %I UNY %K program pengembangan, sekolah efektif %T Implementasi Program Pengembangan Sekolah Efektif Pada MTs Ma’arif NU 1 Kembaran Kabupaten Banyumas %U http://eprints.uny.ac.id/39058/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang upaya warga sekolah untuk memahami program sekolah efektif dan proses penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah Kepala MTs Ma’arif NU 1 Kembaran dan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum sebagai key informan, Kepala Bagian Administrasi, Guru BP, beberapa guru, staf administrasi dan beberapa siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, pengamatan, dan kaji dokumen. Analisis data dilakukan dengan Model Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman program sekolah yang efektif dilakukan oleh guru melalui diklat dan kegiatan Kelompok Kerja Guru, dilakukan oleh siswa melalui kegiatan OSIS, dilakukan oleh orang tua siswa melalui pertemuan dengan Komite Sekolah. Penerapannya berupa identifikasi masalah krusial, membuat keputusan aspek yang akan ditingkatkan, menyusun rencana, melaksanakan program, menunjuk tim monitoring dan evaluasi serta mengkomunikasikan hasil peningkatan sekolah kepada masyarakat. Respon masyarakat terhadap informasi tersebut adalah masyarakat siap memberi dukungan terhadap program dimaksud dengan dilibatkan dalam penyusunan program, meningkatnya motivasi untuk melakukan berbagai kreativitas, dan meningkatnya rasa memiliki program sekolah.