eprintid: 39037 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/90/37 datestamp: 2016-08-08 02:23:59 lastmod: 2019-10-01 12:04:01 status_changed: 2016-08-08 02:23:59 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rahmad Yusuf Saputro, Rahmad Yusuf Saputro title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014/2015 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, Praktik Mengajar Terbimbing, Praktik Mengajar Mandiri, Ujian Praktik abstract: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2014 sampai dengan 21 Agustus 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan tanggal 22 Agustus dan 28 Agustus 2014. Serta dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak 2 kali mengajar pada tanggal 6 dan 9 September 2014. Praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pada pelaksanaan program PPL di SD Negeri karangjati berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan banyak pengalaman nyata dan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi menjadi seorang guru SD. date: 2014 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Rahmad Yusuf Saputro, Rahmad Yusuf Saputro (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2014/2015 SD NEGERI KARANGJATI, PLOSOKUNING, MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/39037/1/Rahmad%20Yusuf%20Saputro%2011108241094.pdf