%I Fakultas Ekonomi %D 2016 %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA DI KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) SETIA KAWAN %L UNY38987 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan, 2) pengaruh motivasi anggota terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan, 3) pengaruh kualitas pelayanan dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto sekaligus merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi anggota KSP Setia Kawan yang berjumlah 455. Sampel penelitian ini sebanyak 82 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi anggota terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan motivasi anggota secara bersama-sama terhadap loyalitas anggota di KSP Setia Kawan. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325 dapat diartikan bahwa 32,5% loyalitas anggota KSP Setia Kawan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan motivasi anggota. %A Putri Wahyu Anisa