%T PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 MINGGIR %D 2016 %I Fakultas Ekonomi %L UNY38954 %A Yunanda Wisma Nuratri %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir, 2) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir, 3) pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir, 4) pengaruh minat belajar, lingkungan teman sebaya, dan perhatian orang tua secara bersama – sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto sekaligus merupakan penelitian asosiatif kausal dengan populasi sebanyak 187 siswa SMA N 1 Minggir tahun ajaran 2015/2016 yang mendapatkan mata pelajaran ekonomi. Sampel penelitian ini sebanyak 125 siswa yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 0,331, nilai t sebesar 4,897 pada signifikansi 0,000; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir dibuktikan dengan nilai koefisien regresi (r) sebesar 0,219, nilai t sebesar 2,726 pada signifikansi 0,007; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir dibuktikan dengan koefisien regresi (r) sebesar 0,173, nilai t sebesar 2,321 pada signifikansi 0,022; 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar, lingkungan teman sebaya dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir dibuktikan dengan nilai F sebesar 25,046 pada signifikansi 0,000. Sumbangan efektif variabel minat belajar sebesar 19,29%, lingkungan teman sebaya sebesar 9,80% dan perhatian orang tua sebesar 7,71% terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Minggir.