<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK"^^ . "Dalam melengkapi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu\r\npengabdian kepada masyarakat, untuk itu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)\r\nmempunyai satu program yang dapat melaksanakan butir tersebut, yaitu dengan satu\r\nprogram yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN), dalam kegiatan KKN ini para\r\nmahasiswa dituntut untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang\r\ntelah diperoleh dan dikembangkan kepada masyarakat, terutama masyarakat sekolah\r\nbagi mahasiswa program pendidikan. Berkaitan dengan kegiatan KKN dan PPL yang\r\nterintegrasi menjadi satu waktu kegiatan dengan menggunakan sistem blok maka\r\nkegiatan tersebut dinamakan KKN-PPL.\r\nPelaksanaan KKN-PPL dilakukan pada tanggal 02 Juli sampai dengan tanggal\r\n17 September 2014 bertempat di SD N Kepek, dengan melaksanakan programprogram\r\nkegiatan baik yang bersifat fisik ataupun yang bersifat non-fisik sesuai\r\ndengan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa serta tetap dengan\r\nmengedepankan aspek relevansi dengan pihak sekolah sehingga program berjalan\r\nefektif dan efisien.\r\nKegiatan KKN-PPL tersebut yang dilaksanakan di SD N Kepek merupakan\r\nkegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di samping sebagai wujud pengabdian\r\nmahasiswa kepada masyarakat, sekolah atau lembaga masyarakat sekaligus untuk\r\nmelatih mahasiswa untuk menerapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah\r\ndimiliki. Sebelum diterjunkan ke lokasi KKN-PPL terlebih dahulu melakukan\r\nobservasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja.\r\nDari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi\r\nyang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum terberdayakan.\r\nBerdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa PPL merencanakan beberapa\r\nprogram yang dilaksanakan selama KKN-PPL. Program PPL ini antara lain: praktek\r\nmengajar, pembuatan media dan pengembangan metode pembelajaran, dan\r\npenyusunan satuan perangkat pembelajaran. Hal tersebut dilakukan guna mendukung\r\nterlaksananya praktek pengalaman lapangan berupa kegiatan pembelajaran dengan\r\nviii\r\noptimal, baik secara landasan konseptual, prosedural dan operasional yang sudah\r\nditentukan.\r\nSarana pembelajaran yang dipakai di sekolah ini cukup memadai, hal ini sangat\r\nmendukung untuk kelancaran proses belajar mengajar. Kondisi ini didukung oleh\r\nguru yang memiliki kualifikasi sesuai dengan bidang masing-masing. Hal lain yang\r\nmenunjang dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berjalan dengan baik dan lancar\r\nadalah lingkungan yang nyaman, bersih dan sehat. Apabila melihat kondisi sekolah\r\nsecara umum maka lingkungan SD N Kepek sangat kondusif dalam menunjang\r\nKBM.\r\nKegiatan PPL ini merupakan kegiatan pengembangan dalam diri mahasiswa,\r\njuga untuk melengkapi Tugas Akhir studi yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa\r\nUniversitas Negeri Yogyakarta. Hasil akhir yang diperoleh dari kegiatan PPL ini\r\nadalah mahasiswa mampu mengenal, mengamati, sekaligus mampu mempraktekkan\r\nsemua kompetensi yang diperlukan bagi calon guru pendidikan jasmani, serta\r\nmahasiswa mempunyai suatu kesadaran akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai\r\ntenaga kpendidikan yang baik. Sebelum melakukan kegiatan PPL, mahasiswa terlebih\r\ndahulu melakukan observasi ke sekolah guna mengetahui situasi dan proses\r\npembelajaran pendidikan jasmani yang sebenarnya.\r\nDari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman\r\nfaktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang\r\nselanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai\r\nguru dan tenaga pendidik yang professional, memiliki nilai, sikap, dan pengetahuan\r\nserta keterampilan yang diperlukan. Melihat program pelaksanaan KKN-PPL yang\r\ntelah praktikan lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa program KKN-PPL di SD\r\nN Kepek berjalan dengan lancar. Selain itu KKN-PPL sangat bermanfaat dalam\r\nmemberikan bekal pengalaman bagi mahasiswa praktikan sekaligus sebagai latihan,\r\nbelajar dan upaya meningkatkan kompetensi-kompetensi calon tenaga pendidik\r\n(pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial) sebelum nantinya terjun ke sekolah\r\ndalam menjalankan peran, fungsi dan tugasnya secara profesional."^^ . "2014" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "laporan ppl"^^ . . . . . . . . "GALIH MUNIAGE"^^ . "GALIH MUNIAGE"^^ . "GALIH MUNIAGE GALIH MUNIAGE"^^ . . . . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK (Text)"^^ . . . "Laporan PPL Galih Muniage_11604224030.pdf"^^ . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "LAPORAN\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN\r\nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\r\nSD NEGERI KEPEK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #38905 \n\nLAPORAN \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN \nUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA \nSD NEGERI KEPEK\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .