eprintid: 38853 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1212 dir: disk0/00/03/88/53 datestamp: 2016-08-05 00:44:38 lastmod: 2019-01-30 10:13:47 status_changed: 2016-08-05 00:44:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sekti, Pramesthi Anggoro corp_creators: Halili title: PENGARUH PENERAPAN APLIKASI PANJIKAWAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: C15 subjects: sos_kewarganegaraan divisions: fis_pkn full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya pengaruh penerapan aplikasi Panjikawan terhadap minat belajar siswa pada materi Pancasila dalam pembelajaran PKn di kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil dari penelitian menunjukan adanya pengaruh signifikan penerapan Panjikawan terhadap minat belajar siswa. Minat belajar siswa menggunakan Panjikawan lebih tinggi dari pada minat belajar siswa yang tidak menggunakannya. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil uji yang diperoleh nilai t hitung (sig 2- tailed) sebesar 0,004 < 0,05 serta dapat dilihat dari besar perbedaan rerata minat akhir sebesar 3,99 satuan antara minat belajar kelompok eksperimen (61,39) dengan minat belajar kelompok kontrol (57,40) yang juga menandakan bertambahnya minat peserta didik bila menggunakan aplikasi Panjikawan. Respon peserta didik dalam proses belajar pada materi Pancasila menyatakan 97.82% sangat bermanfaat, 95.24% mudah digunakan, 98.86% mudah dipahami, 93.39% sangat puas dengan adanya penerapan aplikasi Panjikawan. date: 2016 date_type: published institution: FIS department: PKnH thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id citation: Sekti, Pramesthi Anggoro (2016) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI PANJIKAWAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. S1 thesis, FIS. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38853/1/Skripsi%20Full%2012401241022.swf