eprintid: 38831 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/88/31 datestamp: 2016-08-04 08:22:44 lastmod: 2019-10-01 12:05:47 status_changed: 2016-08-04 08:22:44 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Vira Juwita Raharja, Vira Juwita Raharja title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, SMK Muhammadiyah Wonosari abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melakukan praktik pengalaman lapangan di SMK Muhammadiyah Wonosari. Praktik pengalaman lapangan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September 2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengajar di kelas X Akuntansi 1. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar sebanyak 8 kali tatap muka. Mata Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pengantar Akuntansi Keuangan dan Dasar-dasar Perbankan. Adapun materi pokok yang diampu pada kelas X Akuntansi 1 pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan adalah hakikat akuntansi, pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi, dan bidang-bidang spesialisasi akuntansi. Materi pokok yang diampu pada mata pelajaran Dasar-dasar Perbankan adalah hakikat bank dan badan hukum, kerahasiaan, dan sumber-sumber dana bank. Alokasi waktu untuk mata pelajaran Pengantar Akuntansi Keuangan tiap pertemuannya adalah 2 x 45 menit dan untuk Dasar-dasar Perbankan alokasi waktu 3 x 45 menit per pertemuan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format kurikulum 2013. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Vira Juwita Raharja, Vira Juwita Raharja (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38831/1/VIRA%20JUWITA%20RAHARJA_11403241027_PEND.AKUNTANSI.pdf