TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/38816/ ID - UNY38816 TI - Integrasi Latihan Imagery dalam Pembelajaran Penjasorkes untuk Meningkatan Keyakinan Diri dan Hasil Belajar Guling Depan Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran A1 - Harimurti, Rizki Sito Y1 - 2016/07/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keyakinan diri dan hasil belajar guling depan pada siswa putri kelas X Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran melalui integrasi latihan imagery pada pembelajaran Penjasorkes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis hasil penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X A Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran yang berjumlah 25 siswa. Tindakan yang dilakukan berupa integrasi latihan imagery dalam pembelajaran guling depan. Pengambilan data penelitian melalui tes unjuk kerja, observasi, dan angket skala keyakinan diri. Tes unjuk kerja dilakukan pada penilaian hasil belajar guling depan. Angket skala keyakinan diri untuk mengukur tingkat keyakinan diri siswa. Sedangkan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui program latihan imagery yang diintegrasikan dalam pembelajaran, siswa mengalami peningkatan keyakinan diri dan hasil belajar pada materi guling depan KW - keyakinan diri KW - guling depan KW - imagery PB - UNY AV - restricted M1 - tesis ER -