eprintid: 38723 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/87/23 datestamp: 2016-08-04 04:13:50 lastmod: 2019-10-01 12:04:24 status_changed: 2016-08-04 04:13:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ruly Anggraeny, Ruly Anggraeny title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 3 WONOSARI 01 JULI - 17 SEPTEMBER 2014 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelenggaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Pelaksanaan PPL dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli hingga 17 September 2014 dengan didahului oleh observasi dan analisis situasi guna perumusan program PPL. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D serta menggantikan guru untuk mengajar di kelas IX B, IX D dan IX F masing-masing satu kali tatap muka. Mahasiswa melakukan praktik mengajar sebanyak 16 kali tatap muka yaitu meliputi pembimbingan dan pemberian materi serta 8 kali tatap muka yang meliputi ulangan dan remidial. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Kurikulum 2013, begitupun dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP). Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode ceramah, diskusi, permainan, latihan soal, dan kerja kelompok (diskusi). Sedangkan media yang digunakan adalah kartu berwarna, kartu gambar imajinasi, latihan soal, papan tulis, spidol, lembar kerja dan mengadakan post test untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menyerap materi pelajaran. Materi yang disampaikan dalam pelaksanaan PPL adalah materi unggah ungguh, cangkriman parikan, dan cerita pengalaman pribadi. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ruly Anggraeny, Ruly Anggraeny (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 3 WONOSARI 01 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38723/1/Ruly%20Anggraeny%2011205244004.pdf