%0 Thesis %9 S2 %A Lestari, Budi %B Program Pascasarjana %D 2011 %F UNY:38682 %I UNY %K motivasi belajar, e-learning, prestasi belajar %T Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan E-learning terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Pengasih Kabupaten Kulon Progo %U http://eprints.uny.ac.id/38682/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Pengasih di Kabupaten Kulon Progo. SMK Negeri 2 Pengasih merupakan satu-satunya yang sudah melaksanakan pembelajaran melalui software e-learning di lingkup kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode expost facto, dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Motivasi belajar (X1) dan pemanfaatan e-learning (X2) sebagai variabel bebas. Prestasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Pengasih sebanyak 440 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proposionated random sampling. Jumlah sampel dengan tingkat kesalahan 5% adalah sebanyak 278 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel motivasi belajar (X1) dengan prestasi belajar (Y) sebesar 0,973. Hal ini menunjukkan pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 87,79%. Koefisien korelasi antara variabel pemanfaatan e-learning (X2) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 0,923. Hal ini menunjukkan pengaruh yang positif antara pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar. Variabel pemanfaatan e- learning memberikan sumbangan efektif sebesar 85,19%. Hasil analisis regresi ganda antara motivasi belajar dan pemanfaatan e-learning terhadap prestasi belajar diperoleh R square sebesar 0,916. Hal ini menunjukkan motivasi belajar dan pemanfaatan e-learning memberikan konstribusi sebesar 91,58% terhadap prestasi belajar.