%0 Thesis %9 S2 %A Sujarwadi, Bambang %B Program Pascasarjana %D 2011 %F UNY:38677 %I UNY %K kinerja dosen %T Faktor-faktor Determinan Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/38677/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) gambaran kompetensi dosen, motivasi kerja, kesempatan pengembangan karier, dan kinerja dosen di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta, (2) pengaruh kompetensi dosen terhadap kinerja dosen, (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dosen, (4) pengaruh kesempatan pengembangan karier terhadap kinerja dosen, dan (5) pengaruh kompetensi dosen, motivasi kerja, dan kesempatan pengembangan karier secara bersama-sama terhadap kinerja dosen di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Subyek penelitian atau responden adalah semua dosen tetap di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas instrumen menggunakan analisis butir dan analisis faktor. Uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi parsial dan regresi linier berganda dengan SPSS for windows release 15. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa 53,13% dosen memiliki kompetensi yang cukup, 50% dosen memiliki motivasi kerja baik, 40,63% dosen memiliki kesempatan pengembangan karier yang cukup, dan 46,88% dosen memiliki kinerja yang cukup. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa; (1) kompetensi dosen berpengaruh terhadap kinerja dosen sebesar 0,317 (t = 2,334; p = 0,027); (2) motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja dosen sebesar 0,385 (t = 2,213; p = 0,035); dan (3) kesempatan pengembangan karier berpengaruh terhadap kinerja dosen sebesar 0,392 (t = 2,157; p = 0,040). Hasil uji F sebesar 8,396 ( p = 0,000; p<0,05) menjelaskan bahwa kompetensi dosen, motivasi kerja, dan kesempatan pengembangan karier secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja dosen.