%0 Thesis %9 S1 %A Candra Wulaningtyas, Ratna %A Dra. Sukanti, M.Pd., %B Pendidikan Akuntansi %D 2016 %F UNY:38661 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Analisis Butir Soal, Pengantar Akuntansi dan Keuangan, SMK Swadaya Temanggung %T ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN KELAS X AKUNTANSI SMK SWADAYA TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/38661/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Akuntansi SMK Swadaya Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016 ditinjau dari Validitas Butir Soal, Reliabilitas Soal, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Swadaya Temanggung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi meliputi soal, kunci jawaban, dan jawaban siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menguji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan program ANATES versi 4 dan perhitungan manual dengan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ditinjau dari Validitas, soal yang valid berjumlah 30 butir (60%) dan soal yang tidak valid berjumlah 20 butir (40%); (2) Ditinjau dari Reliabilitas, Soal Ujian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X Akuntansi SMK Swadaya Temanggung Tahun Ajaran 2015/2016 merupakan soal yang reliabel dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,711; (3) Ditinjau dari Tingkat Kesukaran, butir soal yang tergolong sukar berjumlah 14 (28%), butir soal dengan tingkat kesukaran sedang berjumlah 25 (50%), dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 11 (22%); (4) Ditinjau dari Daya Pembeda, butir soal yang jelek berjumlah 25 (50%), butir soal dengan daya pembeda cukup berjumlah 20 (40%), butir soal yang baik berjumlah 1 (2%), dan butir soal yang memiliki daya pembeda negatif berjumlah 4 (8%); (5) Ditinjau dari Efektivitas Pengecoh, butir soal yang sangat baik berjumlah 1 (2%), butir soal yang baik berjumlah 8 (16%), butir soal yang cukup baik berjumlah 17 (34%), butir soal yang kurang baik berjumlah 19 (38%), dan butir soal yang tidak baik berjumlah 5 (10%).