eprintid: 38600 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/86/00 datestamp: 2016-08-03 08:07:38 lastmod: 2019-10-01 11:59:35 status_changed: 2016-08-03 08:07:38 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Diah Purwanti, Diah Purwanti title: PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian kegiatan KKN PPL yang diselenggarakan oleh pihak UNY sebagai langkah dari Universitas untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berkualitas, berkompetensi, berpengalaman, bertanggung jawab dan mandir.iDisamping itu agar mahasiswa semakin mendalami perannya sebagai calon guru. Praktik Pengalaman lapangan (PPL) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori kependidikan yang selama ini dipelajari di kampus untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas secara nyata. Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini juga bertujuan untuk melatih mental mahasiswa dalam mengelola kelas, dan dalam pembelajaran agar mahasiswa memiliki bekal dan kesiapan di kemudian hari sebagi seorang pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 04 Agustus sampai dengan tanggal 17 September 2014 di SMP N 2 Klaten. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Klaten, mahasiswa PPL mendapat kesempatan untuk mengajar kelas VII E, VII F, VII G, VII H pada mata pelajaran IPS dan kelas IX A, IX B pada mata pelajaran IPS, Jumlah jam sebanyak 5 jam pelajaran per kelas setiap minggunya. Banyak hal yang didapatdari PPL di SMP N 2Klaten, terutama memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang manajerial, serta memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan mencari solusi atas segala permasalahan dalam lembaga pendidikan yang terkait dengan kegiatan manajerial kelembagaan. Hasil yang diperoleh mahasiswa dari kegiatan PPL ini yaitu mendapatkan pengalaman yang nyata secara langsung di lapangan mengenai perencanaan, penyusunan perangkat , proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya dalam hal ini dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). date: 2014 date_type: published publication: laporan ppl publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Diah Purwanti, Diah Purwanti (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/1/1.%20kata%20pengantar.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/2/2.PENGESAHAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/3/3.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/4/5.1%20%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/5/5.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/6/6.%20Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/7/7.%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/8/8.%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38600/9/cover.pdf