eprintid: 38587 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/03/85/87 datestamp: 2016-08-03 07:41:50 lastmod: 2022-12-14 07:58:02 status_changed: 2016-08-03 07:41:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dasarja, Lalu Butsiawan title: Implementasi Fungsi Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya Lombok Tengah ispublished: pub subjects: D10 divisions: pps_mp full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Fungsi Manajemen, Kepala Sekolah abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang implementasi Fungsi Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya Lombok Tengah. Deskripsi tersebut meliputi: perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan pengendalian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Tempat penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya, Lombok Tengah. Informan kunci pada penelitian ini yaitu kepala madrasah. Informan lain yang mendukung adalah Wakil Kepala Madrasah, dan Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya, Lombok Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara uji credibility, transferability, dependability, confirmability. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman & Saldana. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan disusun secara bersama meliputi: (a) rencana strategis berupa visi, misi dan tujuan, program prioritas, program umum, dan program pengembangan; dan (b) rencana operasional berupa rencana kerja, rencana tahun anggaran, rencana tahun pelajaran, rencana kegiatan, jadwal, dan rencana penggunaan dana. (2) Pengorganisasian disusun dalam perencanaan berupa: (a) membuat struktur organisasi dan deskripsi tugas, dan (b) pendayagunaan sumberdaya manusia dilakukan melalui: pelatihan, forum kelompok kinerja guru serta karyawan, dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler. Pembinaan dan pembimbingan dilakukan secara rutin dengan agenda mengembangkan potensi serta bakat siswa, meningkatkan profesionalisme guru dan karyawan dalam kegiatan pembelajaran serta pelaksanaan program madrasah. (3) Penggerakan dilakukan dengan cara memotivasi dan mengarahkan seluruh personil anggota madrasah. Motivasi dan pengarahan dilakukan melalui: (a) pelatihan-pelatihan dan diklat. (b) pembagian tugas dan wewenang. (c) mengelola program yang sudah disusun dalam rangka pengembangan karakter siswa. (4) Pengendalian dilakukan dengan cara monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap program yang dilaksanakan. Pengawasan secara rutin dilakukan setiap satu minggu dan melakukan pelaporan setiap bulan dengan mengadakan rapat serta melakukan evaluasi. Makna yang terkandung dalam implementasi fungsi manajemen antara lain kepala madrasah melaksanakan perannya sebagai manajer, menerapkan sebagian kompetensi manajerial, dan melaksanakan sebagian standar pengelolaan madrasah date: 2016-07-30 date_type: published institution: UNY department: Program Pascasarjana thesis_type: tesis citation: Dasarja, Lalu Butsiawan (2016) Implementasi Fungsi Manajemen Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Praya Lombok Tengah. S2 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38587/1/tesis-lalu-butsiawan-dasarja-14703251032.pdf