eprintid: 38448 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/84/48 datestamp: 2016-08-03 04:03:45 lastmod: 2019-10-01 12:00:25 status_changed: 2016-08-03 04:03:45 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Fahmi Alfian, Fahmi Alfian title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMK BINA HARAPAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. PPL yang berhubungan langsung dengan peserta didik merupakan implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching yang telah diajarkan dan merupakan tempat untuk menerapkan dan mentransfer ilmu yang selama ini telah dipelajari. Sebelum pelaksanaan PPL, pembekalan PPL dilaksanakan agar mahasiswa mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi kurikulum, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu Bahasa Inggris. Pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jumlah guru masuk kelas tiap kelasnya. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan memang dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Model rencana pembelajaran disesuaikan dengan permintaan lapangan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 kali, 4 kali di kelas X A dan 4 kali di kelas X B yang dimulai pada tanggal 13 Agustus sampai dengan 6 September 2014 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan tiap minggu pada hari Rabu, dan Sabtu. Setiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Fahmi Alfian, Fahmi Alfian (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2014 LOKASI SMK BINA HARAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38448/1/Laporan%20PPL%20-%20Fahmi%20Alfian.pdf