%I PGSD
%D 2016
%L UNY38438
%T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN
MENGGUNAKAN BUKU HARIAN SISWA KELAS I A
SD N PLEBENGAN SIDOMULYO BANTUL
TAHUN 2015/2016
%A Wahni Hidayah
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
permulaan menggunakan Buku Harian pada siswa kelas I A SD Negeri Plebengan
Sidomulyo Kabupaten Bantul.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I A SD Negeri Plebengan yang berjumlah
34 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis permulaan
siswa kelas I A. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.
Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes (unjuk kerja),
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif
dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis
permulaan menggunakan Buku Harian siswa kelas I A SD Negeri Plebengan
dilakukan dengan langkah; 1) Siswa mengisi lembar Buku Harian, 2) Siswa
membacakan dan memperlihatkan hasil Buku Harian, 3) Guru melaksanakan
pembelajaran menulis permulaan berdasarkan hasil Buku Harian siswa, dan 4)
Siswa berlatih menulis permulaan di buku masing-masing. Keterampilan menulis
permulaan dapat ditingkatkan dengan Buku Harian. Hal ini dibuktikan dengan
perbandingan persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II.
Persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus sebesar 35,3% (12 siswa) dengan
kriteria kurang meningkat pada Siklus I sebesar 58,8% (20 siswa) dengan kriteria
cukup. Pada pelaksanaan Siklus II persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar
70,9% (24 siswa) dengan kriteria baik.
Kata kunci: keterampilan menulis permulaan, Buku Harian, siswa SD