TY - RPRT A1 - Febta Pratama, Febta Pratama UR - http://eprints.uny.ac.id/38366/ N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2014 yang berlokasi di SMA Negeri 2 Sleman telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 2 Juli - 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 18 mahasiswa dari 8 program studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Prancis, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 6 Juli sampai dengan 12 September 2014, dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan di kelas XI MIA 2 sebanyak delapan kali dan XI IIS 2 sebanyak delapan kali, Materi yang diajarkan di dalam kelas meliputi, Materi yang diberikan untuk kelas XI MIA 2 dan XI IIS 2 antara lain meliputi Menganalisis konsep perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamsi kemerdekaan Indonesia, Menganalisis proses masuk dan Perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda dan Inggris) di Indonesia. Menganalisis proses masuk dan Perkembangan penjajahan bangsa Barat (Portugis, Belanda dan Inggris) di Indonesia. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL. M1 - project_report AV - public KW - Praktik Pengalaman Lapangan TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 2 SLEMAN Y1 - 2014/// ID - UNY38366 PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta ER -