eprintid: 38336 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1278 dir: disk0/00/03/83/36 datestamp: 2016-08-03 01:52:27 lastmod: 2019-01-30 10:10:58 status_changed: 2016-08-03 01:52:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Salman, Al Farisi title: PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KONSEP DIRI, DAN IKLIM SOSIAL KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: G9 divisions: ft_jurdik_elko_pend_mekatronika full_text_status: public abstract: PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KONSEP DIRI, DAN IKLIM SOSIAL KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh: Salman Al Farisi NIM. 09518241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian, (2) pengaruh antara konsep diri terhadap kemandirian, (3) pengaruh antara iklim sosial kelas terhadap kemandirian, dan (4) pengaruh antara lingkungan keluarga, konsep diri, dan iklim sosial kelas secara simultan terhadap kemandirian. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Instalasi Tenaga Listrik SMK N 3 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 80 siswa yang diperoleh melalui teknik sampling proposional. Metode pengumpulan data untuk semua variabel menggunakan metode kuesioner dengan instrumen penelitian berupa angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) lingkungan keluarga sebagian besar siswa (60,00%) termasuk dalam kategori sedang, (2) konsep diri sebagian siswa (82.50%) termasuk dalam kategori sedang, (3) iklim sosial kelas sebagian besar siswa (63.75%) termasuk dalam kategori sedang, (4) kemandirian sebagian siswa (71.25%) termasuk dalam kategori sedang, (5) terdapat pengaruh yang positif pada lingkungan keluarga sebesar 27,4% terhadap kemandirian, (6) terdapat pengaruh yang positif pada konsep diri sebesar 65,00% terhadap kemandirian, (7) terdapat pengaruh yang positif pada iklim sosial kelas sebesar 34,1% terhadap kemandirian, dan (8) terdapat pengaruh yang positif pada lingkungan keluarga, konsep diri, dan iklim sosial kelas secara simultan sebesar 67,10% terhadap kemandirian. Kata kunci: lingkungan keluarga, konsep diri, iklim sosial kelas dan kemandirian date: 2016-08-03 date_type: published institution: Fakultas Teknik department: U N Y thesis_type: skripsi citation: Salman, Al Farisi (2016) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, KONSEP DIRI, DAN IKLIM SOSIAL KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38336/1/Salman%20Al%20Farisi%2009518241036.pdf