TY - UNPB AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PRAKTIKUM ASAM BASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2 PB - UNY A1 - Nokman , , Riyanto ID - UNY3833 Y1 - 2010/09/03/ UR - http://eprints.uny.ac.id/3833/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber belajar dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menyusun media audio visual praktikum asam basa sebagai media pembelajaran mandiri bagi siswa SMA/MA dan untuk mengetahui kualitas media yang telah disusun berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Penyusunan media audio visual praktikum asam basa ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media dan peer reviewer. Instrumen penelitian media audio visual praktikum asam basa berupa angket yang berisi aspek clan kriteria tertentu. Penilaian dilakukan oleh 5 orang guru kimia SMA/MA di kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Sleman dan Banjarnegara. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 36 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media audio visual praktikum asam basa. Produk penelitian ini berupa media audio visual praktikum asam basa untuk siswa SMA kelas XI. Komponen media audio visual praktikum asam basa terdiri dari lembar kegiatan siswa, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, kunci lembar kerja siswa, kunci lembar evaluasi, info peralatan laboratorium serta info terkait materi asam basa. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, media audio visual praktikum asam basa yang telah disusun mempunyai kualitas baik (B) dengan skor rata-rata 133,25 dan persentase keidealan sebesar 74,028 %. Oleh karena itu, media audio visual praktikum asam basa ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa-siswa SMA/MA kelas Xl. ER -