%0 Thesis %9 S1 %A Nurrahman, Arief %A Dra. Sumarsih, M.Pd., %B Pendidikan Akuntansi %D 2016 %F UNY:38323 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Kata Kunci : Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran, Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru, Prestasi Belajar Akuntansi %T PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 %U http://eprints.uny.ac.id/38323/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Persepsi Siswa mengenai Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016, 3) Persepsi Siswa mengenai Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016, 4) Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 86 siswa dan uji coba instrumen dilakukan pada 30 siswa dengan teknik uji coba terpakai. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi tiga prediktor, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif: 1) Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y=0,456; x1y=0,208; thitung 4,694; ttabel 1,989. 2) Persepsi Siswa mengenai Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar dengan rx1y=0,419; x1y=0,176; thitung 4,231; ttabel 1,989. 3) Persepsi Siswa mengenai Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y=0,520; x1y=0,270; thitung 5,576; ttabel 1,989; 4) Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3)=0,574; y(1,2,3)=0,329; Fhitung 13,400; Ftabel 8,560. Sumbangan relatif Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran sebesar 35,05%, Media Pembelajaran 15,349%, dan Penguasaan Materi Pembelajaran oleh Guru 49,601%. Sumbangan efektif Persepsi Siswa mengenai Strategi Pembelajaran sebesar 11,531%, Media Pembelajaran 5,050% dan Penguasaan Materi Pembelajaran 16,319%.