relation: http://eprints.uny.ac.id/38282/ title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA creator: AJI PRAYOGA, AJI PRAYOGA subject: LPPMP description: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengemabangkan potensinya. Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 2 Juli dan berakhir tanggal 17 September 2014 yang bertempat di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Alamat sekolah terletakdi Jalan Kemuning, No. 14, Baciro, Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain: persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, adalah Teori Pemesinan Frais dan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais. Teori Pemesinan Frais diampukan ke Kelas XI TP 1 dan XI TP 2, frekuensi tatap muka satu kali dalam satu minggu untuk masing-masing kelas, dimana alokasi waktunya masing-masing 2 jam pelajaran. Sedangkan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais merupakan mata pelajaran praktik, frekuensi tatap muka dua kali dalam satu minggu, diman alokasi waktunya masing-masing 10 jam pelajaran. Mata Diklat Teori Pemesinan Frais dijadwalkan pada hari Senin, sedangkan Teknik Pemesinan Bubut dan Frais hari Rabu kelas XI TP 1 dan hari Kamis kelas XI TP 2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di masa yang akan datang. publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta date: 2014 type: Monograph type: PeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/1/1.%20COVER.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/2/2.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/3/3.%20KATA%20PENGANTAR.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/4/4.%20DAFTAR%20ISI.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/5/5.%20DAFTAR%20TABEL.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/6/6.%20DAFTAR%20GAMBAR.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/7/7.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/8/8.%20ABSTRAK.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/9/9.%20BAB%20I.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/10/10.%20BAB%20II.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/11/11.%20BAB%20III.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/12/12.%20DAFTAR%20PUSTAKA.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/13/RPP%20PRAKTIK%20BUBUT%201.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/14/RPP%20PRAKTIK%20BUBUT%202.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/15/RPP%20PRAKTIK%20BUBUT%203.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/16/RPP%20TEORI%20FRAIS%201.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/17/RPP%20TEORI%20FRAIS%202.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/18/RPP%20TEORI%20FRAIS%203.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/19/RPP%20TPF%201.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/20/RPP%20TPF%202.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/21/RPP%20TPF%203.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/22/LAPORAN%20MINGGUAN%20PELAKSANAAN%20PPL%20UNY%2011.docx format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/23/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%201.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/24/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%202.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/25/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%203.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/26/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%204.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/27/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%205.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/28/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%207.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/29/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%208.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/30/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%209.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/31/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%2010.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/32/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%2011.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/33/LAPORAN%20MINGGUAN%20PPL%20UNY%206.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/34/jobsheet%20frais.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/35/jobshet%20bbt%201.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/36/js%20bb%202.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/37/js%20bb%203.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/38/lbr%20pnln%20frais.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/39/lembar%20observasi.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/40/lembar%20penilaian%20bb%201.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/41/ln%20bb%203.doc format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/38282/42/ln%20bb2.doc identifier: AJI PRAYOGA, AJI PRAYOGA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.