eprintid: 38245 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/82/45 datestamp: 2016-08-02 04:41:55 lastmod: 2019-10-01 12:04:55 status_changed: 2016-08-02 04:41:55 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Shinta Mayangsari, Shinta Mayangsari title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Pelaksanaan PPL bertempat di SLB Yapenas yang beralamat di Condongcatur, Depok, Sleman. Berdasarkankeputusansekolah, mahasiswamendapatkankelasmengajar di kelas 2 SDLB anaktunagrahita.Secarakhususmelakukanasesmendanbimbinganmengajarterhadapdua orang anakyaitu Eva dan Yoga.Eva dan Yoga mengalamitunadaksadantunagrahita.Eva memilikikarakteristikyaitukeduakakinyatidakbisadigunakanuntukberjalankarenalump uhdankaku.Eva berjalandenganmerangkak.keduatangan Eva jugamengalamikekakuan.Evamemilikikemampuandalamhalbernyanyi. Eva sebenarnyalebihpintardibandingkantemansekelasnya yang lain. Hanyasaja, Eva kurangmotivasiuntukbelajar.Eva memilikipotensipembelajarandalamhalmembaca, pengenalandanpemahamanpengetahuanumum, danberhitung.Yoga mengalamikarakteristiyaitukeduakakinya yang lumpuh.Akan tetapibisaberdiridanduduk di kursisecaramandiri, sertamampumerangkakdenganlincah.Dibandingkan Eva, tubuh Yoga lebihfleksibel/ lentur. Yoga belummaudanbisaberkomunikasidenganbaik.Yoga memilikipotensidalamhalpengenalandanpemahamanlingkungansekitarnya. Berdasarkanhasilasesmenterhadap Eva dan Yoga, makadapatdibuat program pembelajaran yang sesuai.Untuk Eva, lebihdiutamakandalamhalmembacaataumengejahuruf-huruf yang belumdipahaminya, berhitung 1-10, sertamemahami lambing bilangan 1-10. Untuk Yoga, lebihdiutamakandalamhalpengenalandirinyasendiri, benda-bendadisekitarnya, buah buahan yang seringditemui, danhewan yang ada di lingkungannya, sertapemahamanperintah yang berhubungandengankemandirian. Berdasarkanhasilevaluasidapatdisimpulkanbahwa Eva dan Yoga mengalamipeningkatandalamhalkemampuanakademikmaupun non akademiknya.Eva mengalamipeningkatanuntukkemampuannyadalammembacahurufabjaddanberhitung. Selainitu, Eva jugasudahbisasedikitmengenaldanmemahami lambing lambangbilangan, yang tadinyasamasekalibelumpaham.Yogamengalamipeningkatandalamhalbertambahnyap engetahuannyatentangbenda-bendadisekitarnya, buah-buahan, danhewan. Selainitu, Yoga jugamampumemahamiperinta, ‘pegang, ‘ambil’, dan ‘masukkan’. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Shinta Mayangsari, Shinta Mayangsari (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II DI SLB YAPENAS CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/38245/1/Cover%2C%20pengesahan%2C%20kata%20pengantar%2C%20daftr%20isi%2C%20abstrak.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/38245/2/BAB%20I%2C%20II%2C%20III%2C%20MATRIKS%2C%20RPP.pdf