@techreport{UNY38211,
           title = {LAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK NEGERI 2 KLATEN},
          author = {JUAN SHANRAISKA JUAN SHANRAISKA},
         journal = {LAPORAN PPL},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2014},
            type = {Project Report},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
        keywords = {PPL, Konstruksi Batu, MDPL, SMK Negeri 2 Klaten.},
        abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang
bersifat intrakulikuler dan dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas
kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan
evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih
mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam
suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa
memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk
mengemabngkan potensinya.
Sebelum melakukan PPL terlebih dahulu dilaksanakan observasi sekolah bulan
Maret. Observasi ini dilakukan guna mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat
kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakter siswa dan proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 2
Juli dan berakhir tanggal 17 September 2014 yang bertempat di SMK Negeri 2
Klaten. Alamat sekolah terletak di Senden, Ngawen, Klaten. Kegiatan yang dilakukan
selama PPL antara lain: mendampingi siswa pada saat masa orientasi siswa baru,
persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran
dan evaluasi. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP dan
silabus. Mata Diklat yang diampu oleh praktikan, adalah Konstruksi Batu pada
jurusan Teknik Kontruksi Batu Beton (TKBB) dan MDPL (2D) pada jurusan Teknik
Gambar Bangunan (TGB) masing - masing untuk kelas sebelas. Penulis juga turut
membantu mengawasi siswa untuk kelas dua belas jurusan Teknik Konstruksi Batu
dan Beton (TKBB) dalam mengampu mata pelajaran AutoCad dan kelas sebelas
jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dalam mata pelajaran MDPL (3D) sebagai
tambahan mengajar. Frekuensi tatap muka empat kali dalam satu minggu, dimana
dalam satu kali tatap muka alokasi waktunya 4 jam pelajaran untuk mata pelajaran
MDPL dan 6 jam untuk mata pelajaran Konstruksi Batu. Mata Diklat Konstruksi Batu
dijadwalkan pada hari Kamis dan Sabtu sedangkan MDPL pada hari Selasa dan
Jumat.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam
mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter
yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi
hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi
seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di
masa yang akan datang.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/38211/}
}