@phdthesis{UNY38210, school = {FMIPA}, year = {2016}, month = {June}, author = {Indah Annisa Diena}, title = {PENGEMBANGAN BUTIR SOAL TES UNTUK MENGUKUR KETERCAPAIAN SCIENCE PROCESS SKILL PESERTA DIDIK SMP KELAS VII POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHANNYA}, abstract = {Penelitian ini mengembangkan butir soal tes untuk mengukur ketercapaian science process skill peserta didik SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan butir soal tes yang dikembangkan berdasarkan validitas dan reliabilitasnya serta mengetahui ketercapaian science process skill pada peserta didik SMP kelas VII yang diukur menggunakan soal yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4-D (define, design, develop, disseminate). Analisis data meliputi validitas logis, validitas empiris, dan reliabilitas. Validitas logis dilakukan dengan hasil penilaian validator. Validitas empiris dilakukan dengan mengujicobakan soal pada 92 testi. Teknik analisis data pada validitas logis diperoleh melalui perhitungan koefisien isi Aiken?s V, sedangkan validitas empiris dan reliabilitas dianalisis menggunakan program QUEST. Penskoran menggunakan penskalaan politomus dan dianalisis menggunakan Partial Credit Model 1 parameter logit (PCM 1-PL) dengan program QUEST. Data ketercapaian science process skill diperoleh dari jawaban soal tes pada uji lapangan yang dikonversi dalam prosentase (\%). Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator, dari 25 butir soal memperoleh validitas rata-rata 0,68 dengan kategori validitas butir tinggi. Berdasarkan validitas empiris, 25 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator diperoleh 22 butir soal tes yang valid. Terdapat 15 butir soal kategori baik dan 7 butir soal kategori cukup baik. Mengacu pada kriteria mean INFIT MNSQ 1,0 dan simpangan baku 0,0 menunjukkan secara keseluruhan butir soal tes terbukti fit dengan PCM. Reliabilitas butir soal menunjukkan sangat reliabel, dengan koefisien alpha Cronbach adalah 0,82. Ketercapaian science process skill testi pada masing-masing aspek keterampilan yaitu mengobservasi sebesar 65,82\%, menginferensi sebesar 63,86\%, memprediksi sebesar 78,86\%, mengidentifikasi variabel sebesar 69,38\%, mengkomunikasikan sebesar 52,89\%, merancang percobaan sebesar 38,94\%, dan menerapkan konsep sebesar 35,63\%. Kata kunci: Butir Soal Tes, Science Process Skill, Kalor dan Perpindahannya}, url = {http://eprints.uny.ac.id/38210/} }