TY - THES N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran cerita binatang dan boneka tangan untuk pendidikan nilai dan keterampilan menyimak siswa antara siswa pada kelompok yang menggunakan media pembelajaran cerita binatang dan boneka tangan, dengan pengintegrasian pendidikan nilai dibandingkan dengan siswa pada kelompok yang tanpa menggunakan media pembelajaran cerita binatang dan boneka dan tanpa pengintegrasian pendidikan nilai. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Bunder II Gunung Kidul dan SDN Panjatan Gunung Kidul Yogyakarta. Sampel dipilih dengan teknik random sampling untuk menentukan sekolah dan kelas eksperimen. Data diperoleh dengan tes untuk mengukur hasil belajar keterampilan menyimak siswa dan nontes berupa: angket dengan skala Likert, dan lembar observasi untuk memperoleh data tentang pendidikan nilai (ketaatan beribadah, kejujuran, rendah hati, dan kepedulian) serta keterampilan menyimak. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) pada taraf signifikansi 95% (p=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pendidikan nilai dan keterampilan menyimak siswa, antara siswa pada kelompok yang menggunakan media pembelajaran cerita binatang dan boneka tangan, dengan pengintegrasian pendidikan nilai dibandingkan dengan siswa pada kelompok yang tanpa menggunakan media pembelajaran cerita binatang dan boneka dan tanpa pengintegrasian pendidikan nilai. Hasil analisis MANOVA pendidikan nilai siswa pada kelas eksperimen, sebesar 19,06 (17,5%), pada kelas kontrol sebesar 6,27 (5,91%). Hasil analisis MANOVA untuk keterampilan menyimak nilai F=6,916 dengan p=0,011. Adapun peningkatan skor rerata keterampilan menyimak pada kelas eksperimen sebesar 15,83 atau 24,8%, sedangkan pada kelas kontrol, sebesar 9,70 atau 15,58%. Hasil observasi menunjukkan adanya aktualisasi nilai (ketaatan beribadah, kejujuran, kerendahan hati, dan kepedulian), serta adanya perhatian siswa dalam proses pembelajaran menyimak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran cerita binatang dan boneka tangan efektif untuk pendidikan nilai dan keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. TI - Keefektifan Media Pembelajaran Cerita Binatang dan Boneka Tangan untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Menyimak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia M1 - tesis AV - restricted ID - UNY38195 PB - UNY A1 - Salamah, Siti Y1 - 2011/10/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/38195/ KW - media pembelajaran KW - pendidikan nilai KW - keterampilan menyimak ER -