%0 Thesis %9 S1 %A Hendrik Kusworo %A Sri Winarni, %B Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi %D 2016 %F UNY:38189 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Pemanasan, Gerak & Lagu, Anak Tunanetra. %T MODEL PEMANASAN BERBASIS GERAK & LAGU BAGI ANAK TUNANETRA %U http://eprints.uny.ac.id/38189/ %X Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti kepada salah seorang guru penjas di SLB, bahwa anak-anak tunanetra terkadang tidak bersemangat dalam mengikuti aktivitas penjas utama, dan guru juga terkadang kepayahan dalam memberikan materi pemanasan didalam permulaan aktivitas penjas. Hal inilah yang menjadikan hati peneliti tergugah untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan model pamanasan yang dapat mengajarkan siswa tunanetra gerak pemanasan/beraktivitas mengunakan media, dengan memberikan contoh berupa CD dan buku panduan kepada guru penjas di SLB. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengunakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Analysis (tahap analisis), (2) Design (tahap desain), (3) Development & Implementation (tahap pengembangan dan impelmentasi), (4) Evaluation (tahap evaluasi). Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa Model Pemanasan Berbasis Gerak & Lagu Bagi Anak Tunanetra dinyatakan layak sebagai model pemanasan untuk anak tunanetra di SLB. Hal ini didukung oleh hasil uji kelayakan yang diperoleh dari beberapa penguji, mulai dari ahli materi dengan skor rata-rata: (4,2) dengan kategori sangat baik, dari ahli media dengan skor ratarata: (4,75) dengan kategori sangat baik, dari praktisi dengan skor rata-rata: (4,0) dengan kategori baik, dan dari uji lapangan mendapatkan skor rata-rata: (4,24) dengan kategori sangat baik.