@phdthesis{UNY38173, school = {UNY}, year = {2016}, month = {August}, author = {Handaru Utomo}, title = {KESIAPAN KERJA SISWA SMK N 2 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK LISTRIK DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI DUNIA KERJA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/38173/}, abstract = {KESIAPAN KERJA SISWA SMK N 2 YOGYAKARTA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK LISTRIK DALAM MENGHADAPI GLOBALISASI DUNIA KERJA Handaru Utomo NIM. 07518244003 ABSTRAK Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan kerja siswa jurusan teknik listrik kelas XII di SMK N 2 Yogyakarta dalam menghadapi globalisasi dunia kerja yang ditinjau dari motivasi siswa, kompetensi siswa, kendala yang dihadapi siswa dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi globalisasi dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII jurusan teknik listrik yang berjumlah 57 orang, 2 orang guru pengajar di jurusan teknik listrik, 2 orang koordinator laboratorium dan 2 orang guru pengajar Bahasa Inggris. Bukti validitas instrumen dilakukan dengan Judgement Experts dan secara empiris menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Data dikumpulkan dengan metode angket yang dikembangkan dari kisi-kisi instrumen dan dengan metode pengumpulan dokumentasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) kesiapan kerja siswa SMK N 2 Yogyakarta program keahlian teknik listrik dalam menghadapi globalisasi dunia kerja adalah sebagai berikut a). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari kompetensi kognitif dikategorikan siap (73\%). b). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari kompetensi psikomotorik dikategorikan siap (75\%). c). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari kompetensi afektif dikategorikan siap (63\%). d). Aspek kompetensi siswa secara keseluruhan dikategorikan sangat siap (81\%). e). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari motivasi internal dikategorikan sangat siap (80\%). f). Kesiapan kerja siswa ditinjau dari motivasi ekternal dikategorikan siap (71\%). g). Aspek motivasi siswa secara keseluruhan dikategorikan sangat siap (86\%). (2) a) Kendala yang dihadapi siswa adalah penggunaan bahasa Inggris secara aktif dan terbatas dalam penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, dalam hal ini penggunaan komputer dan internet, b). Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi globalisasi dunia kerja adalah dengan penggunaan bahasa inggris di dalam kelas (Bilingual Class), pengadaan laboratorium bahasa, adanya ruangan Self Access Study (SAS), adanya laboratorium komputer dan adanya fasilitas Hot Spot Area yang dapat di akses oleh siswa. Kata kunci : kesiapan kerja, siswa, globalisasi} }