TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/38133/ M1 - skripsi ID - UNY38133 AV - public TI - KEEFEKIFAN STRATEGI GMA (GROUP MAPPING ACTIVITY) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMPN 15 YOGYAKARTA PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Yusti Suryani, Bela Y1 - 2016/07/26/ N2 - Penelitian ini betujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan kemampuan memahami teks deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi GMA pada siswa kelas VII SMPN 15 Yogyakarta; dan 2) untuk mengetahui keefektifan strategi GMA dalam pembelajaran memahami teks deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dan desain penelitian Control Group Pretest and Postest. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu strategi GMA dan variabel terikatnya adalah kemampuan siswa dalam memahami teks. Penentuan sampel menggunakan cara random sampling. Berdasarkan teknik tersebut ditetapkan kelas VII E sebagai kelompok kontrol dan kelas VII F sebagai kelompok uji. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil uji prasyarat analisis skor tes awal dan tes akhir kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data tes akhir kemampuan memahami teks deskripsi kedua kelompok diperoleh thitung sebesar 2,355, db = 65, dan P sebesar 0,022 (P < 0,005). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan memahami teks deskripsi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi GMA dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi GMA pada siswa kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Berdasarkan uji-t tes awal dan tes akhir kelompok uji, diperoleh thitung sebesar 6,498, db = 33, dan P sebesar 0,000 (P < 0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan kenaikan skor rata-rata yaitu 1,30 pada kelompok kontrol dan 2,33 pada kelompok uji. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran memahami teks deskripsi menggunakan strategi GMA lebih efektif daripada pembelajaran yang tidak menggunakan strategi GMA. ER -