TY - THES M1 - tesis N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran IPA berbasis experiential learning model terhadap (1) scientific literacy dan problem solving skills, (2) scientific literacy, dan (3) problem solving skills peserta didik SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di Kabupaten Brebes dengan subjek penelitian peserta didik SMP kelas VII yang mewakili sekolah kategori tinggi, sekolah kategori sedang, dan sekolah kategori rendah. Data penelitian diperoleh melalui tes dan angket. Tes diberikan sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Data dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu one way manova dan independent t test. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan. Pertama, pembelajaran IPA berbasis experiential learning model berpengaruh terhadap kemampuan scientific literacy dan problem solving skills peserta didik SMP, baik pada sekolah kategori tinggi, sedang, maupun rendah. Kedua, pembelajaran IPA berbasis experiential learning model berpengaruh terhadap scientific literacy peserta didik SMP, baik pada sekolah kategori tinggi, sedang, maupun rendah. Ketiga, pembelajaran IPA berbasis experiential learning model berpengaruh terhadap problem solving skills peserta didik SMP, baik di sekolah kategori tinggi, sedang, maupun rendah UR - http://eprints.uny.ac.id/38127/ Y1 - 2016/07/30/ KW - experiential learning model KW - scientific literacy KW - problem solving skills ID - UNY38127 AV - public PB - UNY TI - Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Model terhadap Scientific Literacy dan Problem Solving Skills Peserta Didik SMP A1 - Nisrochah, Nisrochah ER -