?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F38107%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)%0D%0AUNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA%0D%0ADI+SMK+N+3+YOGYAKARTA&rft.creator=Ahmad+Lutfiyanta%2C+Ahmad+Lutfiyanta&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Pengalaman+Lapangan+(PPL)+merupakan+salah+satu+mata+kuliah%0D%0Alapangan+yang+bersifat+intrakulikuler.+Oleh+karena+pelaksanaan+PPL+yang+langsung%0D%0Aberinteraksi+dengan+peserta+didik%2C+maka+dibutuhkan+persiapan+yang+matang.+Maka%0D%0Adari+itu%2C+pihak+Universitas+Negeri+Yogyakarta+memberi+pembekalan+khusus+tentang%0D%0Apelaksanaan+PPL+dalam+menyiapkan+tenaga+pendidik.+Pengetahuan+dan+keterampilan%0D%0Adiberikan+untuk+mahasiswa+sebagai+bekal+dalam+menghadapi+dunia+kerja+di+bidang%0D%0Apendidikan+secara+khusus+dan+dunia+kerja+secara+umum.+Dalam+kegiatan+PPL+ini%2C%0D%0Amahasiswa+melakukan+kegiatan+mengajar+yang+terbimbing.+Mahasiswa+menjalankan%0D%0Aprogram+mengajar+minimal+8+kali+pertemuan.+Metode+yang+digunakan+dalam%0D%0Amengajar+beragam%2C+seperti+metode+diskusi%2C+tanya+jawab%2C+ceramah+dan+cooperative%0D%0Alearning.+Praktikan+telah+menyelesaikan+tugas+mengajar+sebanyak+8+kali+selama%0D%0Akegiatan+PPL+berlangsung.+Mengampu+mata+pelajaran+Ilmu+Bangunan+dengan+tatap%0D%0Amuka+2+kali+seminggu+dan+setiap+minggunya+praktikan+mengajar+selama+16+jam.%0D%0ASecara+keseluruhan+program+kerja+PPL+terlaksana+dengan+baik%2C+meskipun%0D%0Amasih+terdapat+beberapa+kendala+seperti+pengelolaan+kelas+yang+terkadang+sulit%0D%0Auntuk+dikondisikan.+Namun%2C+semua+itu+merupakan+sebuah+proses+untuk+menuju+yang%0D%0Alebih+baik+lagi.+Dalam+melaksanakan+kegiatan+pembelajaran%2C+praktikan+telah%0D%0Amelaksanakan+pembuatan+rencana+pembelajaran+sebanyak+12+RPP%2C+melakukan%0D%0Akegiatan+praktik+mengajar+sebanyak+8+kali+pertemuan%2C+dan+melakukan+1+kali+evaluasi%0D%0Abelajar+untuk+mata+pelajaran+Ilmu+Bangunan+di+tiap+kelasnya.+Dalam+pelaksanaan%0D%0Apraktik+mengajar+metode+yang+digunakan+yaitu+menggunakan+metode+ceramah%2C%0D%0Ademonstrasi%2C+asimilasi+tanya+jawab+dan+penugasan.%0D%0AMelalui+kegiatan+Praktik+Pengalaman+Lapangan+ini%2C+praktikan+mendapatkan%0D%0Abanyak+bekal+seperti+pengalaman+serta+gambaran+nyata+tentang+kegiatan%0D%0Apembelajaran%2C+serta+nilai-nilai+seperti+kerja+keras%2C+kerjasama%2C+tanggung+jawab%2C+dan%0D%0Adisiplin.+Selain+itu%2C+dapat+membantu+mahasiswa+dalam+mempersiapkan+diri+untuk%0D%0Amenjadi+tenaga+pendidik+yang+profesional+dan+memiliki+keterampilan+mengajar.%0D%0AUntuk+pelaksanaan+PPL+periode+yang+akan+datang+ada+baiknya+jika+antara+pihak%0D%0Asekolah+dan+mahasiswa+lebih+meningkatkan+kerjasama+agar+dapat+lebih+bermanfaat%0D%0Abagi+semua+pihak.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2014&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F38107%2F1%2FPTSP_11505241031_AhmadLuthfiyanta.pdf&rft.identifier=++Ahmad+Lutfiyanta%2C+Ahmad+Lutfiyanta++(2014)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+(PPL)+UNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+DI+SMK+N+3+YOGYAKARTA.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++