TY - JOUR N2 - Abstrak Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru menulis cerita fiksi dalam Bahasa Inggris, (2) meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerita dalam Bahasa Inggris sebagai bahan pengajaran di sekolah bagi guru-guru SMU se-Kota Yogyakarta. Peserta pada kegiatan ini adalah guru-guru SMU se-Kota Yogyakarta. Jumlah peserta yag ditargetkan adalah 25 guru, namun saat pendaftaran banyak guru yang belum pernah mengikuti kegiatan sejenis, sehingga peserta menjadi 28 guru. Kegiatan ini terselenggara atas kejasama SMU Negeri 9 Yogyakarta dan MGMP mata pelajaran Bahasa Inggris se-Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah lokakarya dan pelatihan untuk menulis karya fiksi dan teknik mengapresiasi cerita sebagai bahan pembelajaran di sekaloh. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini adalah: (1) menulis cerita fiksi sangat efektif untuk melatih meningkatkan kemampuan berbahasa seseorang sekaligus sebagai media pembelajaran di sekolah (2) apresiasi terhadap karya sastra merupakan sarana efektif untuk penanamam budi pekerti, moral, budaya, dan pendidikan bagi seseorang (3) penulisan karya fiksi merupakan proses yang perlu dilatih dan ditekuni, karena ide dan gagasan disesuaikan pada peserta didik (4) guru-guru bahasa Inggris di wilayah kota Yogyakarta masih perlu diadakan pelatihan penulisan karya fiksi dan aplikasinya dalam pembelajaran di sekolah. Kata kunci: menulis fiksi, keterampilan, apresiasi, proses pembelajaran UR - http://eprints.uny.ac.id/3802/ ID - UNY3802 JF - INOTEK TI - PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FIKSI DALAM BAHASA INGGRIS PADA GURU BAHASA INGGRIS DI SMA SE-KOTA YOGYAKARTA A1 - Wipsar Siwi Dona Ikasari, M.Ed. AV - public ER -