@techreport{UNY38004, journal = {laporan ppl}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN PPL PENELITIAN PEMBAHARUAN DATA GURU SD DI UPT PENGELOLA TK DAN SD WILAYAH BARAT}, author = {AFIFAH YOSI PUTRI AFIFAH YOSI PUTRI}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/38004/}, abstract = {Pendidikan berlangsung sepanjang hayat manusia, dimanapun dan kapanpun manusia berada. Dimana ada kehidupan manusia, disitu pasti ada pendidikan (Driyarkara, 1980:32). Seiring dengan perkembangan zaman pendidikan dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih. Menurut Ki Hadjar Dewantara (1977:20) yang dinamakan pendidikan yaitu tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Adapun maksudnya pendidikan yaitu, menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pelaksanaan pendidikan terjadi dimanapun dan kapanpun, salah satunya yaitu pendidikan di sekolah. Dalam pendidikan terdapat komponen-komponen yang secara terpadu saling berinteraksi jalani suatu rangkaiaan keseluruhan kebulatan kesatuan dalam mencapai tujuan. Komponen-komponen pendidikan itu adalah : 1) Tujuan pendidikan, 2) Peserta didik, 3) Pendidik, 4) Isi pendidikan, 5) Metode pendidikan, 6) Alat pendidikan, 7) Lingkungan pendidikan. .Pendidik atau Guru merupakan komponen dalam pendidikan, karena pendidik ialah orang yang sudah dewasa mempunyai tanggung jawab pendidikan terhadap anak tertentu, pendidik ialah orang yang sudah dewasa karena ia harus membawa anak ke tingkat kedewasaan. Data pendidik atau data guru penting dan diperlukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai atau guru, yaitu data guru PNS dan Non PNS, guru berdasarkan tingkat pendidikannya, guru dengan klasifikasi masa pensiunnya. Dengan adanya pembaharuan data pendidik atau guru maka ini merupakan salah satu sarana monitoring untuk salah satu komponen pendidikan dan dengan adanya data guru maka dapat membantu tercapainya pendidikan yang baik. Pada kenyataan yang terjadi data guru belum begitu diperhatikan dan tersedia secara lengkap maka dengan laporan ini diadakan pembaharuan data guru di UPT Barat agar dapat memonitoring pendidik atau guru.} }